TERBUNGKUS RAPINYA SIA SIA KARENA TERGESA GESA

Waktu itu betul betul pilu yang erat memelukku, seakan tak sanggup dan merasa semua telah menzholimi ku bahkan sampai titik menyalahkan takdir Tuhan, sungguh futur tingkat langit yang melanda di waktu itu. Tapi alhamdulillah. Allah yang Maha Pnyayang tak membiarkan ku larut dalam kefuturannku.  terus ia hadirkan pengobat pilu melalu hal hal yang tak terduga dan penuh dengan keunikan yang tiada tandingannya. sekilas mengulas semua ini terjadi hanya karena pandangan mata yang tidak dibarengi iman, serta hati yang terlalu mengikuti nafsu serta tergesa gesa dalam memutuskan sesuatu. Itulah adanya cerita sebagian manusia, yang terkadang terlalu cepat menghujat apa yang buruk pada pandangan pertama. Dan terlalu cepat memuja apa yang indah pada pandangan pertama, terlalu jarang mengamalkan sifat tabayyun.Ya! kebiasaan tabayun lah yang sering manusia lupakan termasuk diriku yang paling pantas menjadi target dari tulisanku ini. Sebagaimana firman Allah tentang tabayyun  sebagai berikut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
Wahai orang- orang yang beriman, jika ada seorang faasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayyunlah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian. [al-Hujurât/49:6].

nafi sekali diri ini jika terlalu sering mengikuti kata hati tanpa di barengi iman.

 prihal apaun itu menyangkut tentang pilihan yang mengharuskan untuk mengambil keputusan maka sertakan tabayyun di dalamnya agar engkau tak memutuskan hal yang sia sia nantinya.


#GORESAN_ANIS_LA_TAHZAN

Komentar

Postingan Populer